Selasa, 13 Desember 2011

Garuda Rambah Segmen Pesawat Kapasitas Kecil





Tahun ini Garuda akan membuka rute baru ke Gorontalo dan Belitung, serta tiga rute internasional ke Delhi, Mumbai, dan Taipei.
Christina Sihite
Laporan dari Singapura
PT Garuda Indonesia (Garuda) berencana mengembangkan layanan di segmen sub-100 seat atau penerbangan berkapasitas di bawah 100 penumpang pada 2011. Rencana itu sebagai bentuk ekspansi bisnis Garuda yang selama ini melayani di segmentasi full service dan Imu cost carrier (LCC) melalui Citilink.
"Ini untuk mengakomodasi rute yang memiliki landasan pendek dan tidak terlalu keras. Ada banyak existing route yang belum terlayani karena membutuhkan pesawat kecil," ungkap Direktur IT dan Strategis Garuda Elisa Lumbantoruan di Singapura, kemarin.
Selain itu, lanjutnya, layanan ini bertujuan mengakomodasi rute-rute yang selama ini belum memiliki hak by pass domestik. Misalnya, rute Medan-Denpasar yang harus dilewati melalui Jakarta. De-ngan layanan ini, akan tercipta pasar baru karena ada benefit yang dirasakan langsung oleh pengguna, yaitu kecepatan dan kemudahan dalam bepergian.
"Kita perlu pikirkan kebutuhan pesawat dengan kapasitas yang kecil karena lalu lintasnya tentu tidak terlalu tinggi dan akan disesuaikan juga dengan tarif yang agak rendah. Walaupun benefit-nya orang bepergian lebih cepat," tukasnya.
Elisa menambahkan, layanan baru ini juga untuk mengisi sejumlah selot penerbangan yang kosong. Saat ini ada sejumlah rute dengan frekuensi tinggi, tapi masih memiliki jeda waktu atau selot kosong. "Contohnya Jakarta-Surabaya, masih ada selot yang kosong sekitar 1,5 jam, tidak ada penerbangan. Ini kesempatan untuk tambah frekuensi," paparnya.
Namun, hingga saat ini perusahaan belum bisa memastikan kapan akan memulai penerapan segmentasi baru itu. Menurutnya, Garuda masih mengkaji rencana pengembanganlayanan sub-100 seat itu. "Pada 2015, kita berharap punya 18 pesawat untuk itu."
Rute baru
Sementara itu, Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar menyatakan tahun ini pihaknya juga berencana membuka dua rute domestik baru. Rute baru itu meliputi rute Gorontalo dan Belitung, serta tiga rute internasional baru, yaitu Delhi,
Mumbai, dan Taipei. Dengan adanya tambahan dua rute domestik itu, tahun ini Garuda genap menerbangi seluruh Nusantara.
"Tahun ini dengan bertambahnya dua rute domestik ke Goro.ntalo dan Belitung, Garuda sudah menerbangi seluruh provinsi di Indonesia. Sementara itu, internasional kita belum akan tambah rute Eropa, tapi ke Taipei, lalu Delhi, dan Mumbai di India," tukasnya.
Dalam dua minggu ke depan, Garuda akan melakukan roadshmo ke sejumlah kota di dalam dan luar negeri. Tujuannya adalah menawarkan saham perdana perusahaan atau initial public offering (IPO). Dari dua hari pelaksanaan roadshow di Singapura, sebanyak 34 institusi asing menyatakan minat mereka terhadap saham Garuda.
Melalui IPO, perseroan akan meraup dana sebesar Rp6,97 triliun-RplO,23 triliun. Sebesar 80% dana hasil aksi korporasi ini akan digunakan untuk belanja modal, seperti peremajaan pesawat dan pengembangan anak usaha, serta belanja perusahaan lainnya. 
sumber:(E-5)christina@mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar